Sekrup idle pada karburator

Sekrup idle pada karburator ini sangat mempengaruhi tingkat campuran bensin dan udara. Penyetelan yang tidak tepat mengakibatkan campuran udara dan bensin terlalu gemuk. Umpamanya mesin normal pada campuran satuan udara 1 dengan satuan udara 9. Sekrup penyetel yang terlalu kencang bisa jadi campuran menjadi 1:5.

Sekrup idle pada karburator

Dalam sekian km sudah berapa juta kelipatan dan berapa bensin yang tidak termanfaatkan dengan benar. Campuran yang tidak tepat ini diindikasikan dengan adanya bau bensin dan mata terasa pedih.

Kalau Anda menemukan hal seperti ini pertama-tama yang dilakukan adalah menyetel sekrup idle.

Cara sederhana menyetel idle pada karburator

Kendurkan setengah sampai 1 putaran ke arah yang berlawanan dengan arah jarum jam. Atau adakan penyetelan ulang. RPM mesin direndahkan sampai asal mesin tidak sampai mati.

Kemudian putar sekrup ke kiri atau ke kanan, carilah putaran mesin yang paling tinggi. Biasanya pada saat mencapai satu titik, mesin cenderung mau mati. Kembalikan ke arah yang berlawanan sampai mesin mencapai putaran tinggi.

Atau Anda perhatikan: kalau putaran ke kiri mesin mau mati kemudian kalau ke kanan mesin juga cenderung mesin mau mati. Campuran yang tepat ada pada pertengahan kedua titik tersebut.

 

Sekrup idle pada karburator

Recommended For You

About the Author: Keluarga Daihatsu

Sekedar sharing tentang Daihatsu Motor dan info otomotif lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *