Sejarah Awal Daihatsu Motor

Sejarah Daihatsu Motor bermula pada tahun 1907 dengan nama Hatsudoki Seizo Co, Ltd yang berlokasidi Ikeda Osaka, Jepang dengan memproduksi dan menjual mesin pembakaran untuk industri. Setelah perang dunia pertama (PD I), Hatsudoki Seizo Co, Ltd pada tahun 1930 mulailah merancang dan membuat mesin untuk kendaraan bermotor. Pada tahun 1951 Hatsudoki Seizo Co, Ltd mengubah nama perusahaan dengan nama ”Daihatsu Motor Co. Ltd.”

sejarah daihatsu motor

Jejak Langkah Daihatsu Motor

Pada tanggal 1 Maret 1907, Profesor Yoshinki dan Profesor Turumi dari Universitas Osaka Jepang mendirikan perusahaan yang memprodusi dan menjual mesin pembakaran untuk industri dengan nama bernama Hatsudoki Seizo Co, Ltd di Ikeda Osaka Jepang. Sebagai presiden perusahaan yang pertama adalah Mr. Lekuma Kurokawa.

Hatsudoki Seizo Co Ltd Japan

Logo perusahaan pertama dibuat dengan simbol E yang berarti Engine (mesin) di atas roda gila. Produksi pertama adalah mesin dengan kekuatan 6 tenaga kuda (6 HP). Hanya sedikit permintaan mesin 6HP pada waktu itu. Pada Maret 1914, Hatsudoki Seizo menyiapkan mesin dengan 20 tenaga kuda (20 HP) untuk pameran di Taisho .

produk pertama daihatsu

Setelah terjadi Perang Dunia Pertama, pemerintah Jepang atas dorongan militer kepada industri motor untuk memproduksi kendaraan perang. Mulailah dirancang untuk membuat kendaraan bermotor terutama truk menengah, sepeda motor, dan kendaraan roda tiga.

April 1930 Hatsudoki Seizo Co, Ltd merancang mesin motor bensin 500 cc. Pada bulan Desember 1930,perusahaan menciptakan mobil pertama yaitu kendaraan dengan tiga roda dengan mesin produksi dalam negeri Jepang, berbentuk model HA. Ini merupakan langkah penting dalam industri mobil Jepang.

Selama waktu itu kendaraan penumpang masih didominasi oleh kendaraan import terutama produk Amerika Serikat. Mulai bulan maret 1931 Hatsudoki Seizo Co, Ltd menjual model kendaraan tiga roda HB kepada masyarakat luas.

mesin motor pertama daihatsu

Sebagai hasil dari reputasinya sebagai produsen mesin dan kendaraan kecil, Hatsudoki Seizo semakin diandalkan oleh militer, dan perusahaan mulai mengembangkan; pabrik besar pertama yang dibuka di Ikeda pada tahun 1939.

Pada 1941 Simbol “E” dalam logo perusahaan yang menggunakan huruf latin dari bahasa asing,telah digantikan oleh simbol huruf kanji pertama dari nama perusahaan Hatsudoki Seizo Co, Ltd.

logo kanji

Setelah Perang Dunia II terjadi, banyak fasilitas industri Jepang yang hancur dan negara diduduki oleh kekuatan militer sekutu, pabrikan Jepang didorong untuk membangun kembali dan melanjutkan produksi kendaraan bermotor, terutama truk dan kendaraan angkutan kota.

Namun, seperti pada hari sebelum perang, impor mobil asing kembali masuk. Pada tahun 1950 industri motor Jepang mengadakan perjanjian teknis dengan produsen Eropa untuk meningkatkan teknologi mobil penumpang.

Pemerintah Jepang, tidak lagi ditekan oleh tuntutan militer seperti di hari sebelum perang, membuat langkah untuk mendukung dan melindungi industri otomotif domestik, terutama dengan menerapkan pembatasan pada kendaraan impor.

Pada tahun 1951 industri otomotif jepang mulai pulih, Hatsudoki Seizo Co, Ltd mengubah nama perusahaan dengan nama ”Daihatsu Motor Co, Ltd.”

Logo pertama Daihatsu 

Mulai Tahun 1951 Daihatsu Motor Co, Ltd. Berkibar dan menggunakan logo Baru.

Baca selanjutnya tentang kendaraan yang diproduksi setelah berganti nama perusahaan menjadi Daihatsu Motor Co, Ltd: Produk Awal Kendaraan dari Daihatsu Motor Co, Ltd.

 

Sejarah Singkat Daihatsu Motor Jepang – Daihatsu Sahabat Keluarga

Recommended For You

About the Author: Keluarga Daihatsu

Sekedar sharing tentang Daihatsu Motor dan info otomotif lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *