Produk Awal Kendaraan dari Daihatsu Motor Co, Ltd.

sejarah daihatsu motor
Nama perusahaan Hatsudoki Seizo Co, Ltd yang merupakan cikal bakal Daihatsu, diubah menjadi nama Daihatsu Motor Co, Ltd pada Desember 1951, baca: sejarah awal Daihatsu Motor. Mulai saat itu Daihatsu Motor memulai memproduksi mesin yang lebih memfokuskan kepada kendaraan bermotor, terutama kendaraan roda tiga.
dreiradpkw-bee1951

 

daihatsu midget 1

Mulai Agustus 1957, Perusahaan Daihatsu Motor memutuskan untuk beralih ke ekspor kendaraan roda tiga, yang sangat cepat diimplementasikan. Di pasar domestik Jepang Midget microcars (di Indonesia dikenal dengan BEMO) dengan kapasitas mesin 249 cc, memenangkan popularitas besar.

Sebuah Midget dengan radius putar yang kecil dan kemampuan manuver tinggi membuatnya sangat populer. Pada tahun 1959, Midget mulai diekspor, dan “automobilchik” ini memperoleh popularitas di Amerika Serikat, Indonesia dan negara-negara lain.

Midget 1957

Oktober, 1960 Daihatsu Motor mengenalkan sebuah kendaraan pickup, dengan nama Daihatsu Hi-Jet dengan wheelbase 194 cm dan chassis terpisah. Dengan menggunakan mesin 356 cc, 2-silinder berpendingin udara. Luas bak pick-up kurang dari 1,1 meter persegi.

Daihatsu Pickup 1960

Pada Juni 1961, Daihatsu Motor membangun pabrik baru di Ikeda yang lebih besar. Pada bulan September, 1962 Daihatsu mengeluarkan New-Line Hi-jet pick-up dan wagon, dengan wheelbase diperpanjang 222 cm dan panjang kendaraan mencapai 334,5 cm. Kendaraan ini memiliki mesin 797 cc dengan pendingin udara (air-cooled) OHV . Nama ekspor New Line Hi-jet disebut Daihatsu L50.

Hijet NewLine 1962

Daihatsu bekerjasama dengan Toyota Motor Co, Ltd dan Toyota Motor Sales Co, Ltd pada November 1967. Perjanjian bisnis ditandatangani, perawatan dan penjualan kendaraan di bawah satu atap.(Di Indonesia Sekarang Astra Group)

perjanjian 1967

Pada tahun 1970 Daihatsu membangun HV Fellow (Kendaraan Hybrid). Kata “hybrid” berarti kombinasi mesin pembakaran kendaraan tunggal internal dan motor listrik. Pada tahun yang sama, Daihatsu merevisi penampilan HV Fellow menjadi Max Fellow baru.

HV Eellow 1970

Selain kendaraan berbahan bakar bensin, Daihatsu juga menciptakan kendaraan bertenaga listrik yaitu Daihatsu EV (mobil listrik). Kendaraan ini secara luas digunakan dalam Pameran Dunia Jepang pada Maret 1970. Sebanyak 275 mobil EV-s melayani pengunjung. Mobil listrik yang sangat menarik untuk perjalanan berkeliling ruang pameran.

Daihatsu EV

Daihatsu juga membangun kendaraan angkut barang yang lebih besar, yaitu Daihatsu Delta Oktober 1970 Penjualan truk dimulai seri Delta 1500 dan Delta 2000. Disajikan dalam gaya yang unik, tetapi dengan ketahanan bodi, dikombinasikan dengan mesin yang kuat, truk ini memenuhi persyaratan tertentu dari operator perusahaan.

Daihatsu Delta

Daihatsu Motor Co, Ltd. merger dengan Asahi Industry Co, Ltd pada November 1970. April 1971 Daihatsu telah mengembangkan dan mulai menjual elektro mobil chika yaitu Daihatsu golf Masters. Departemen Perdagangan Internasional dan Industri Jepang mengumumkan nama-nama perusahaan yang harus terlibat dalam sebuah proyek untuk mengembangkan mobil listrik non-polusi. Daihatsu memimpin pengembangan kendaraan listrik penumpang, yang diharapkan menjadi mobil kota masa depan.

Maret 1972 Daihatsu Motor Co. Ltd mendirikan pabrik Di Tada untuk operasional.

Pabrik di Tada

April 1973 Didirikan dan dioperasikan pabrik perakitan kendaraan di Kyoto.

Kyoto Plant

Juni 1979 Daihatsu membuka kantor perwakilan di Eropa (Brussels, Belgia).

Daihatsu mulai mengoperasikan pabrik pertama di luar Jepang Oktober 1979 yaitu PT. Daihatsu Indonesia. Indonesia merupakan negara pertama di luar jepang yang mempunyai pabrik perakitan Daihatsu.

Daihatsu Motor mulai Desember 1979 menjadikan kota Kobe sebagai pusat basis ekspor mobil Daihatsu ke seluruh penjuru dunia.

Pelabuhan Kobe

 

Daihatsu Motor Co, Ltd. 

  • Jenis: Perusahaan Publik
  • Didirikan: 1951
  • Alamat: 1-1, Daihatsu-cho, Ikeda-shi, Osaka 563, Jepang
  • Telepon: +81 727 518811 Faks: +81 727 536880
  • Bursa: Tokyo

Pabrik Produksi:

  • Ikeda (Osaka ) – Pusat
  • Ryuo (Shiga )
  • Tada (Hyogo )
  • Oyamazaki (Kyoto)
  • Sunter II (Indonesia) – Astra Daihatsu
  • Cumana, Estado Sucre (Venezuela)

 

Produk Awal Kendaraan dari Daihatsu Motor Co, Ltd.

Recommended For You

About the Author: Keluarga Daihatsu

Sekedar sharing tentang Daihatsu Motor dan info otomotif lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *