Tips Dedi Yudianto Mengatasi Mobil Mogok di Tengah Jalan

Tidak selamanya mobil berjalan mulus. Meskipun kita telah berusaha menjaga kondisi mobil agar tetap prima, namun, terkadang ada kendala di jalan saat mengendarainya. Salah satunya adalah mogok, terutama untuk mobil yang sudah berumur.

mobil mogok

Bila sedang berkendara dan tiba-tiba seketika mobil mogok, tips dari Ir Dedi Yudianto MBA yang penting adalah jangan panik dan tetap tenang. Meskipun terdengar teriakan atau klakson dari belakang, abaikan saja, yang barangkali mereka tidak tahu bahwa mobil sedang mati mesin alias mogok.

Jika kita sudah berusaha menghidupkan mesin namun masih tetap gagal, segera turun dan meminta bantuan kepada orang di sekitar untuk meminggirkan mobil (jika posisi berada di tengah jalan) agar tidak mengganggu perjalanan yang lain dan untuk keselamatan penumpang.

Kemudian hidupkan lampu hazard atau tanda segitiga pengaman sebagai memberikan sinyal bahwa kendaraan sedang mengalami masalah agar pengemudi lainnya berhati-hati saat melintas. Selanjutnya cobalah menanggulangi dengan mencari penyebab mengapa mobil mogok.

Berikut beberapa tips dari Dedi Yudianto jika mobil mogok di tengah jalan.

Mobil mogok karena mesin mati umumnya berkaitan dengan dua hal umum yaitu sistem kelistrikan dan bahan bakar.

Coba cek lampu indikator di dasbor apakah ada indikator yang bermasalah seperti menunjukkan mobil mengalami overheat. Jika iya, tunggulah sebentar hingga suhu mesin dingin kemudian, cek radiator dan masukkan air steril ke dalamnya.

Coba starter dan mendengarkan suara mesinnya. Jika suara mesin sama sekali tidak terdengar, ada maka kemungkinan besar penyebabnya adalah karena ada kabel yang putus atau aki yang mati. Buka kap mobil dan memeriksa sambungan kabel aki apakah kendur atau memang putus. Periksa aki apakah masih berfungsi.

Jika kedua hal di atas normal, namun di starter berkali-kali tidak mau menyala, jangan dipaksa terus agar baterai (aki) tidak tekor.

Periksa bahan bakar apakah masih ada atau habis. Bahan bakar yang hampir habis atau bahkan habis sama sekali juga dapat menyebabkan mobil mogok. Perlu diketahui bahwa, kekurangan bahan bakar bisa menyebabkan pembakaran tidak sempurna, yang akhirnya membuat mobil tidak segera menyala meski coba dinyalakan berkali-kali. Solusinya adalah dengan mengisi bahan bakar mobil.

Sebelum mesin benar-benar mati, apakah ada gangguan seperti jalan tersendat-sendat atau tidak lancar? Klep yang kotor atau ada kotoran menyumbat aliran bahan bakar menuju karburator juga bisa menyebabkan mobil mogok. Jika hal ini terjadi, hubungi pihak bengkel langganan untuk memperbaikinya di tempat.

Selain aki dan bahan bakar, beberapa komponen lainnya juga dapat menjadi penyebab mobil mogok, seperti koil mengalami penurunan drastis dan berakibat pada proses pembakaran tidak sempurna sehingga pemantik api sulit memperoleh aliran listrik.

Tips terakhir dari Ir Dedi Yudianto MBA untuk yang tidak mengerti mesin adalah menghubungi bengkel langganan atau dealer mobil terdekat untuk meminta bantuan.

Menghubungi jasa derek juga dapat menjadi alternatif lainnya, jika pengemudi sendirian dan tidak suka ribet, terutama jika mobil mogok terjadi di jalan tol.

Tips mencegah mogok mobil menurut Daihatsu Motor adalah

  1. Rajin Service Mobil Perawatan rutin mobil penting agar performanya tetap terjaga.
  2. Cek Ketersediaan Bahan bakar dan Panaskan Mesin Sebelum berkendara, selalu cek bahan bakar apakah aman dan cukup untuk melakukan perjalanan.
  3. Selalu Sedia Nomor Bengkel Langganan.

Jika mobil sering mogok tidak ada salahnya mengganti kendaraan di Seva Mobil Bekas dengan harga yang murah dan berkualitas.

 

Tips Dedi Yudianto Mengatasi Mobil Mogok di Tengah Jalan

About the Author: Keluarga Daihatsu

Sekedar sharing tentang Daihatsu Motor dan info otomotif lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *