Menjaga Performa Mesin Mobil Daihatsu Tua

Sebenarnya menjaga performa mesin mobil tua bukan hanya untuk mobil keluaran Daihatsu saja. Semua merek mobil sama perlakuannya. Namun karena blog ini tentang Daihatsu serta masih banyak yang memiliki mobil Daihatsu tua seperti Hijet, Charade, dan lain sebagainya, maka artikel ini perlu disimak.

Mobil Daihatsu Tua

Menjaga Performa Mesin Mobil Daihatsu Tua

Dalam Menjaga Performa Mesin Mobil Tua, ada beberapa tahapan yang harus anda lakukan seperti yang dikutip dari situs www.kanalotomotif.com. Jika semua tahapan sudah selesai, bisa dijamin mobil tua kesayangan anda akan nyaman dipakai, serta tidak akan mudah mogok. Masalah yang terjadi di mobil tua ini karena memang usianya yang senja, sehingga memerlukan perawatan ekstra dibandingkan dengan mobil terkini.

Seperti kita tahu, meskipun saat ini banyak mobil-mobil baru yang ada di pasaran, mobil tua tetap diminati banyak orang. Terutama bagi mereka yang memang tidak kuat membeli mobil mahal, juga banyak dari kalangan anak muda yang tertarik karena keantikan mobil ini.

1. Lakukan Pemeriksaan Mesin Secara Berkala

Langkah awal ini merupakan hal terpenting dalam memelihara mesin mobil tua. Karena mobil lama dan sering digunakan, otomatis performa mesin akan menurun dan akan timbul beberapa masalah. Permasalahan yang sering terjadi, yakni sering mogok. Jadi, anda harus memeriksa performa mesin mobil dengan teratur atau anda juga bisa membawanya ke bengkel.

2. Perhatikan Kualitas Oli

Kondisi oli di mobil tua, tidak boleh diremehkan begitu saja. Karena oli berkaitan langsung dengan mesin. Peforma mesin mobil tua tentunya tidak seperti mobil-mobil baru. Jadi anda perlu melakukan pergantian oli baru, jika perjalanan sudah mencapai 2500 km. Gunakanlah oli yang mempunyai kekentalan SAE 10-40 W supaya kinerja mesin tidak gampang aus.

3. Gunakan BBM Tebaik

Bahab bakar juga sama pentingnya dengan oli. Pakailah BBM yang berkualitas, jangan tunggu hingga BBM habis baru diisi. Karena hal ini bisa menyebabkan tangki rentan keropos. Guakanlah BBM non subsidi untuk mobil tua anda, seperti pertamax bahkan pertamax turbo.

4. Periksa Komponen Mesin

Masalah yang mudah terjadi di mobil tua yakni mengelupasnya kabel, ini merupakan hal yang sangat berbahaya. Bukan hanya kabel, beberapa komponen lainnya, seperti ring harus diperiksa dengan teratur, segera ganti ring baru jika sudah berkarat, demi kelancaran aliran bensin dan agar suara mesin mobil tua tidak bising dan kasar.

5. Ganti Air Radiator

Radiator berfungsi mendinginkan mesin yang sedang bekerja, sehingga tidak terjadi overheat yang berlebihan bahkan berasap, karena hal ini bisa menyebabkan mobil mogok. Gantilah air radiator secara rutin supaya radiator dapat berfungsi dengan maksimal setiap mobil digunakan. Segera ganti dengan radiator baru jika ada bagian yang bocor.

6. Bersihkan Saringan Karburator

Salah satu faktor mesin mobil tua sulit dihidupkan, yakni karena kotornya saringan karburator. Jadi bersihkanlah secara rutin dengan menggunakan kuas atau sikat gigi. Jangan memekai hair dryer, sebab dapat merusak karburator.

Setelah mengetahui beberapa tahapan merawat mesin mobil tua. Anda hanya perlu melakukan perawatan tersebut secara konsisten agar performa mesin mobil tua bisa maksimal layaknya mesin mobil baru.

sumber: https://www.kanalotomotif.com/panduan-menjaga-performa-mesin-mobil-tua

 

Menjaga Performa Mesin Mobil Daihatsu Tua

Recommended For You

About the Author: Keluarga Daihatsu

Sekedar sharing tentang Daihatsu Motor dan info otomotif lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *