Bengkel Spesialis Karburator Mobil Makin Sepi

Bengkel Spesialis Karburator Mobil umumnya merupakan bengkel yang khusus menangani masalah karburator mobil saja. Dibandingkan dengan bengkel umum, memperbaiki karburator di bengkel ini lebih menjamin karena memang ahlinya sekaligus tersedianya spare part yang barangkali susah dicari di toko onderdil. Jika pun ada, biasanya harus beli satu set utuh yang terkadang ada yang tidak diperlukan.

Semenjak saya menggunakan Daihatsu Zebra S89 Thn 1990, hampir tiap tahun saya lakukan service atau tune-up karburator saat mudik ke Purwokerto. Oleh karena itu, selama memakai Zebra tidak ada masalah dengan karburator. Baca Service Karburator Hemat BBM Daihatsu Zebra

Namun, saat mudik lebaran tahun ini, saya tidak menggunakan Daihatsu Zebra melainkan Daihatsu Taruna 2003 yang sudah menggunakan EFI, sehingga tidak lagi mampir ke bengkel spesialis karburator.

Bengkel Spesialis Karburator Mobil Makin Sepi

Bengkel Spesialis Karburator Mobil yang menjadi tempat langganan tiap tahun masih ada di Purwokerto, akan tetapi beberapa kali melintas hanya terlihat satu dua kendaraan saja. Padahal tahun kemarin saya masih melihat antrian mobil yang akan diperbaiki.

Bahkan saat saya membeli sesuatu di dekat bengkel tersebut sekitar jam 11 siang, tidak ada satu pun kendaraan yang diperbaiki. Montir karburator hanya duduk-duduk saja sembari memainkan hape.

Saya sempatkan untuk menghampiri dan menyapa karena beberapa tahun sudah menjadi langganannya.

“Sekarang memang sepi, Mas,” keluhnya.

“Saat ini mobil-mobil baru sudah menggunakan sistem injeksi,” lanjutnya.

Dulu, saat ramai mereka berencana membuka cabang di Surabaya. Dan saya pun menyambut dengan gembira karena saya belum menemukan bengkel spesialis karburator mobil di Surabaya, sehingga jika ada apa-apa dengan karburator Zebra saya tidak perlu menunggu lebaran lagi. Namun rencana tersebut tinggal rencana. Saat ini saja di Purwokerto sudah sepi.

Harus diakui, keberadaan mobil dengan sistem karburator kian sedikit tergantikan oleh mobil yang menggunakan sistem injeksi. Untuk beralih menjadi bengkel injeksi membutuhkan biaya yang cukup besar.

Kini hanya mobil-mobil tua yang tetap setia menjadi pelanggan Bengkel Spesialis Karburator Mobil. Itu pun harus bersaing dengan bengkel-bengkel umum

Artikel “Bengkel Spesialis Karburator Mobil Makin Sepi” ini berdasarkan opini saya sendiri yang mungkin saja pembaca kurang setuju.

 

Bengkel Spesialis Karburator Mobil Makin Sepi

Recommended For You

About the Author: Keluarga Daihatsu

Sekedar sharing tentang Daihatsu Motor dan info otomotif lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *